Profil Pramuka MAN Purbalingga

PEMANTAPAN PRAMUKA AMBALAN UMAR BIN KHOTTOB - SITI MASYITOH


SALAM PRAMUKA!

Hari Minggu kemarin tanggal 2 November 2014, pramuka MAN Purbalingga ambalan Umar bin Khottob – Siti Masyitoh telah melaksanakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya. Eits ,.... MPP maksudnya? Bukan.... Flashback dulu yah... MPP kan dilaksanakan untuk seluruh siswa siswi kelas X yang bari saja mendaftarkan diri sebagai siswa MAN Purbalingga. Dan juga, hanya dilaksanakan pada setiap awal tahun ajaran baru. Tapi,... ini kan sudah mau akhir Semester 1. Berarti bukan MPP... Yaps, bener banget, jawabanya “Pemantapan”.


          Eh, sebelumnya ada yang tau artinya pemantapan? Pemantapan merupakan salah satu sarana untuk memantapkan watak pramuka Penegak agar dapat hidup mandiri dalam hidup bermasyarakat. Kegiatan ini diisi dengan melakukan berbagai aktifitas yang bersifat kreatif, produktif, dan rekreatif.
          Dalam acara Pemantapan kali ini, diikuti oleh seluruh anggota Pramuka Penegak kelas X  yang berjumlah 360 siswa yang terdiri dari 11 sangga putra dan 22 sangga putri. Kegiatan ini dimulai dengan upacara pembukaan pada pukul 07.30 dengan pemimpin upacara Ka Mafroh Abdul Aziz dan Pembina Upacara yaitu Kepala MABIGUS yaitu Kak Suratno dan juga dihadiri oleh seluruh perwakilan Ekstrakulikuler MAN Purbalingga dan FORKAP MAN Purbalingga. Alhamdulillah, upacara berlangsung dengan sangat khidmat terutama saat upacara adat ambalan Umar bin Khottob-Siti Masyitoh, hening seketika.
          Setelah itu, dilanjutkan dengan pemberangkatan jelajah sekitar pukul 09.00 yang terdiri dari 10 pos dengan rincian 5 pos bayangan dan 5 pos nyata. Pemberangkatan para peserta berdasarkan undian. Sangat beruntung bagi sangga yang diberangkatkan pertama kali sedangkan untuk peserta yang berangkat terakhir kali SEMANGAT yah.... !
          Puncak dari kegiatan jelajah ini adalah pengambilan amplop yang berisi tulisan “SELAMAT ANDA MENDAPATKAN BADGE AMBALAN” yang diletakkan di sekitar kolam dan seluruh peserta wajib menyeberangi kolam untuk mendapatkanya.
          Setelah itu mereka mandi untuk membersihkan badan mereka yang kotor terkena lumpur serta air kolam, serta mereka pun diberi waktu untuk isoma. Pukul 15.00 dilangsungkan upacara penutupan pemantapan dengan pembina upacara penutupn yaitu Kak Ari Susakti selaku koordinator Ekstrakulikuler.
Alhamdulillah, Kegiatan Pemantapan ini berjalan dengan sukses dan dapat berjalan dengan lancar tanpa suatu halangan apapun.
Harapan kami, dengan adanya kegiatan Pemantapan ini dapat memantapkan hati siswa untuk menjadi anggota pramuka MAN Purbalingga. Namun alangkah lebih jika mereka memiliki keinginan untuk menjadi Pramuka Penegak Bantara atau menjadi Pramuka Penegak Laksana. Amiiin.......:)


By : Ka Yeye Qurniyati & Ka Nuati Nurkhasanah

SALAM PRAMUKA!


          

2 komentar:

  1. Karya Ka Yeye dan Ka Nuati yang luar biasa,,, terus bergerak menuju progresifitas Gerakan Pramuka MAN Purbalingga

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ka .. tapi maaf komentarnya terlalu berlebihan... heheheh...

      Hapus