Profil Pramuka MAN Purbalingga

Pelatihan untuk Adik-Adik Siaga & Penggalang di MI MUHAMADIYAH WIRASANA



SALAM PRAMUKA!!!,,,,


Hai teman- teman, kakak- kakak dan adik- adik semuanya.,,

Kita intip yuk kegiatan dari kakak- kakak yang diundang oleh MI MUHAMADIYAH WIRASANA untuk acara pelatihan Jambore Kwarcab. Mereka adalah Ka Fajar, Ka Aflah dan Ka Delfita. Kira kira apa saja kegiatan kakak kakak disana yah??? Pasti pada kepoooooo kan???

Oke kakak kasih tau ,,,kegiatan mereka disana yaitu untuk melatih adik-adik Penggalang yang akan mengikuti Jambore Kwarcab. Tidak hanya itu loh,mereka juga melatih adik- adik siaga yang pastinya masih imut- imut :). Disana mereka melaksanakan tugas masing masing yang sebelumnya sudah ditentukan.Ka Delfita melatih untuk adik adik yang akan ikut Jambore Kwarcab,sedangkan Ka Fajar dan Ka Aflah melatih adik adik Siaga dan Penggalang. Adik-adik yang ikut Jambore Kwarcab berasal dari kelas 6,kenapa mereka yang terpilih hanya kelas 6 saja yah??? Ini jawabannya,karena adik -adik kelas 6 sebelumnya telah mengikuti event, jadi mereka sudah mempunyai dasar - dasar ilmu kepramukaan yang mereka dapatkan saat mengikuti event itu,sehingga tidak terlalu banyak persiapan untuk menghadapi Jambore Kwarcab. Materi yang akan berikan antara lain Pionering dan Tali temali,Semaphore,Menaksir tinggi tiang bendera, pohon  dan PBB. Materi itu akan kakak- kakak berikan secara bergantian dari tanggal 7 November - 9 November.

Semoga sukses  ya kegiatannya :)

Ada cerita nih dari Ka Fajar dan Ka Aflah, saat di hari pertama mereka melatih adik adik siaga dan penggalang yang terdiri dari kelas 4 dan 5.

Apa yah kira kira ceritanya???

Ceritanya adalah mereka sempat merasa kebingungan saat melatih adik- adik siaga dan penggalang,karena adik-adik disana baru pertama kali Latrut jadi mereka bingung untuk memulainya dari mana.Akhirnya mereka menjelaskan tentang Dasa Darma, Dasa=sepuluh, Darma=Kewajiban, aturan, tugas hidup, kebenaran dan kebajikan jadi dasa darma adalah sepuluh kewajiban, aturan dan kebajikan dari anggota Pramuka. Rupanya adik adik kita ini belum tahu dan belum hafal Dasa Dharma. Setelah Ka Fajar dan Ka Aflah menjelaskan tentang Dasa Dharma, adik adik kita ini langsung mudah menerima dan memahami tentang Dasa Dharma. Suasana disana sangat mengasyikan karena dipenuhi api semangat dari adik-adik untuk belajar tentang Pramuka. Sesekali Ka Fajar dan Ka Aflah memberikan materi dengan diselingi permainan, nyanyi-nyanyi dan tepuk Pramuka. Mereka begitu terlihat sangat semangat, sampai-sampai suara Ka Fajar dan Ka Aflah kalah dengan suara mereka. Setelah materi tentang Dasa Dharma selesai,  Ka Fajar dan Ka Aflah melanjutkan materi berikutnya yaitu Sandi Kotak. Sandi adalah kata rahasia yang dipakai pahlawan pada zaman dahulu. Tak Jauh dari materi yang sebelumnya,mereka juga langsung bisa memahami. Mereka juga begitu aktif dalam setiap materi dan permainana yang diberikan.

Semoga untuk kedepannya adik-adik kita ini akan menjadi generasi pramuka yang berkualitas dan diharapkan mampu membawa perubahan kehidupan sosial masyarakat menjadi lebih baik. Amiin.

Karya : Shelyana Tri Agustin dan Sitri Ma’rifatun

1 komentar: