Profil Pramuka MAN Purbalingga

Pemantapan Pramuka Penegak Generasi "EVOLUSI" 2017 Berkolaborasi dengan KIR Cendikia dan PMR Wira Madrasah Aliyah Negeri Purbalingga

Pemantapan Pramuka Penegak Generasi "EVOLUSI" 2017 
Berkolaborasi dengan KIR Cendikia dan PMR Wira 
Madrasah Aliyah Negeri  Purbalingga


Purbalingga_UMBIK-SIMAnews _Kegiatan Pemantapan Pramuka Penegak Generasi Evolusi 2017 dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2017. Kegiatan ini mengusung tema “Evolusi Melejang Karakter Nasionalais dan Religius” yang diharapkan setelah kegiatan ini siswa kelas 10 pada khususnya dapat memiliki sikap nasionalis yang tinggi dan religius.


Maksud kegiatan ini adalah memantapkan Pramuka penegak MAN Purbalingga serta melantik mereka manjadi anggota Ambalan Umar Bin Khotob dan Ambalan Siti Masyitoh. Selain itu juga dilaksanakan penyematan bintang tahunan kepada Anggota Pramuka MAN Purbalingga yang sudah berjasa mengelola Ambalan selama satu periode kata Uyun Yuniarti, S.Ag selaku Pembina Pramuka Putri MAN Purbalingga.

Ka Mabigus (Drs. Suratno, M.Pd.I.) mengatakan "Generasi Evolusi adalah Generasi yang diharapkan dapat melakukan perubahan dengan pelan tapi pasti, dan diibaratkan seperti bumi yang mengelilingi matahari". Dan diharapkan terbentuk generasi berkarakter nasionalis dan religius agar semakin mantap dalam berpramuka di MAN Purbalingga.

Dalam kegiatan Pemantapan kali ini, dari Pramuka tidak hanya mengundang ekstrakurikuler lain untuk memeriahkan Pembukaan Pemantapan Pramuka Penegak Evolusi 2017 melainkan juga melakukan beberapa kerjasama yang diharapkan dapat berjalan terus. Salah satunya kami dari pihak Pramuka MAN Purbalingga mengadakan kerjasama dengan PMR (Palang Merah Remaja) WIRA dan KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) SENDIKIA. Kerjasama ini diharapkan tidak hanya dengan kedua ekstrakurikuler tersebut melainkan seluruh ekstrakurikuler yang ada di MA N Purbalingga

Kerjasama dengan esktakurikuler PMR pada kegiatan ini yang bergerak di bidang kesehatan membantu Gerakan Pramuka MAN Purbalingga dalam menangani para peserta yang mengalami sakit dari awal upacara pembukaan sampai akhir upacara penutupan. Firdaus Nur Azizah (PMR WIRA MAN Purbalingga) mengatakan bahwa sangat senang bekerja sama dengan Pramuka MAN Purbalingga, karena dapat menerapkan ilmunya secara langsung (praktek) penanganan peserta yang sakit (15/10/2017). 

Danil Lestarianto Batubara menambahkan PMR berharap bisa bekerjasama lagi dengan Pramuka MAN Purbalingga dalam kegiatan lainnya. Hal tersebut dapat menambah pengalaman dan dapat mengakrabkan antar ekstrakurikuler karena kita semua saudara yang harus saling tolong menolong sebagai makhluk sosial. Ahmadun Zaeni (Ketua Panitia) mengatakan merasa terbantu dengan adanya kerja sama yang dilakukan antara Pramuka dan PMR ini.

Selain dengan PMR, Pramuka MAN Purbalingga juga bekerjasama dengan KIR CENDIKIA yaitu dengan cara menjual hasil eksperimen KIR dalam kegiatan tersebut. Yang kebetulan Ketua Ekstrakurikuler KIR adalah anggota Pramuka sehingga kerja sama yang dilakukan lebih mudah. ‘’Saya merasa senang bisa bekerja sama dengan Pramuka dalam hal kewirausahaan dan saya berharap dapat bekerja sama lagi dengan Pramuka agar terjalin hubungan yang harmonis antara ekstrakurikuler KIR CENDIKIA dengan Pramuka MAN Purbalingga serta ekstrakurikuler lainnya’’ ujar Ketua KIR (Salsabila Putri Dewanti). (15/10/2017)

Dengan ini kami mengucapkan selamat kepada Generasi Evolusi yang telah dimantapkan menjadi Pramuka Penegak Madrasah Aliyah Negeri Purbalingga dan diharapkan dapat menjadi generasi yang nasionalis serta religus. Dan juga kami mengucapkan terima kasih kepada kakak Bantara yang telah berjasa bagi Pramuka MA Negeri Purbalingga, serta kami mengucapkan terima kasih kepada ekstrakurikuler yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Pemantapan Generasi Evolusi 2017.
Terimakasih atas perhatian dan kunjungan ke blog kami.
Sekian. Salam Pramuka!!!


UMAR BIN KHOTTOB SITI MASYITOH. Qiyaman!!!

Penulis : Fitriana Wahyu Inayah
                   Alfina Frischa Yuniar

1 komentar: