Profil Pramuka MAN Purbalingga

Partisipasi Pramuka MA N Purbalingg dalam kegiatan Perkemahan Bakti Saka Kalpataru II 2017 Kwarcab Purbalingga

 Foto bersama dengan pemilik Homestay

Haii kakak semuaa.. kali ini blog bertemakan kegiatan yang baru-baru ini dilakukan. Yaps Perkemahan Bakti Saka Kalpataru II atau biasa disebut Perti Kalpataru II dalam kegiatan ini Ambalan Umar bin Khattab dan Siti Masyitoh juga ikut berperan aktif. Perkemahan ini juga sangat didukung oleh pihak madrasah terlebih lagi tahun ini MA N Purbalingga resmi menjadi Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional tahun 2017

Kegiatan ini memiliki tema “Menyongsong Lingkungan Hidup untuk Masa Depan” dengan tema tersebut diharapkan seluruh kontingen yang mengikuti kegiatan ini dapat menerapkan ilmu yang didapatkannya  di Pangkalan mereka masing-masing.

Kegiatan ini dilakukan di Desa Sempor,Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga dari tanggal 20-23 Desember 2017 kegiatan ini menggunakan sistem Homestay agar para peserta dari setiap kontingen lebih dekat dengan masyarakat. Ada berbagai macam kegiatan yaitu Giat Prestasi, Giat Bakti,Giat Umum,Giat Rutin dan Giat wawasan. Masing-masing Giat memiliki beberapa kegiatan diantaranya Giat Prestasi (Really Photo dan Stand Up), Giat Bakti (Prolingsih dan Prokasih, Penanaman Pohon, Pemanfaatan Biopori dan pembuatan komposting),Giat Umum (Upacara Pembukaan dan Penutupan, Api Unngun dan Temu Pinsa),Giat Rutin (Apel pagi, Apel sore dan Kurve) terakhir ada Giat Wawasan ( Pemberian materi biopori, Creative of Recycling dan Hidroponik).

Perkemahan Bakti Saka Kalpataru II Kwartir Cabang Purbalingga Tahun 2017 sebagai alat pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega merupakan pertemuan anggota pramuka yang diselenggarakan dalam bentuk perkemahan dalam rangka mengadakan intregasi dalam masyarakat dan ikut serta dalam kegiatan pembangunan masyarakat. Arti penting dari kegiatan Perkemahan Bakti Saka Kalpataru II bagi anggota pramuka adalah sebagai wujud kepedulian dan rasa pengabdian anggota Gerakan Pramuka terhadap masyarakat,bangsa,dan negara.

Perkemahan Saka Kalpataru menitik beratkan pada pembangunan lingkungan hidup yang merupakan salah satu metode untuk menambah wawasan,ketrampilan yang selaras dengan kebutuhan generasi muda. Kegiatan ini mengandung unsur aktif,kreatif,inovatif,kompetitif dan kreatif dalam suasana riang gembira penuh dengan rasa kekeluargaan.

Maksud dan tujuan diselenggarakannnya kegiatan ini adalah memberikan wadah bagi Setiap Anggota Gerakan Pramuka untuk menambah wawasan dan ketrampilan dalam bidang lingkungan hidup dan sarana pertemuan anggota Gerakan Pramuka yang dilakukan dengan perkemahan. Kegiatan ini memiliki tujuan agar masyarakt memiliki kesadaran tentang pentingnya lingkungan hidup dan menciptakan kader lingkungan hidup bersama Saka Kalpataru.


Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu Pramuka MA N Purbalingga dalam kegiatan Perkemahan Bakti Saka Kalpataru II 2017Kwarcab Purblingga. Semoga rekan kita yang mengikuti kegiatan bisa membagikan ilmu yang telah diperoleh dari kegiatan ini. Sukses terus Pramuka MA N Purbalingga. Salam Pramuka!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar