Profil Pramuka MAN Purbalingga

"Gerakan Pramuka MAN Purbalingga Turut Semarakkan Kemah Budaya Provinsi Jawa Tengah 2015"


Purbalingga, UMBIK-SIMA_News — Pada Kegiatan Kemah Budaya Tingkat Provinsi Jawa Tengah peserta dari kabupaten Purbalingga yang salah satunya dari MA Negeri Purbalingga, yang bernama Titis Melindasari, Umti Fatonah, dan Marlina Akbar berhasil mengunci gelar juara Kemah Budaya Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015 setelah mengikuti rangkaian kegiatan Kemah Budaya di Bumi Perkemahan Purbalingga, Selasa – Kamis (27 – 29/10/2015). Keberhasilan ini merupakan hasil kerja sama tim dan pendukung dari berbagi elemen instansi terkait.

Dua kategori yang disabet Purbalingga masing-masing untuk lomba eksplorasi cagar budaya dan lomba ajang kreativitas seni budaya. Sementara satu kategori lain, Film dan Dokumenter Cagar Budaya diraih oleh kontingen Kota Magelang. Hasil lengkap kejuaraan untuk lomba Eksplorasi Cagar Budaya untuk juara II dan III masing-masing diraih  Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Magelang. Juara Harapan I hingga III, masing-masing diraih Kabupaten Pekalongan, Sragen dan Kota Pekalongan. Lomba Ajang Kreativitas seni budaya, Juara II dan III diraih Kabupaten Banyumas dan Blora. Juara Harapan I – III masing-masing diraih Kabupaten Pekalongan, Kota Semarang, dan Kabupaten Pemalang. Untuk lomba film dokumenter tentang cagar budaya, juara II dan III diraih Kabupaten Magelang, dan Kota Tegal. Sedang juara Harapan I – III, masing-masing diraih Kabupaten Sukoharjo, Karanganyar dan Boyolali. Para juara selain mendapat tropi juga meraih hadiah uang pembinaan. Untuk juara I – III, setiap kategori masing-masing mendapat Rp 2 juta, Rp 1,750 juta, dan Rp 1,5 juta. Sedang juara Harapan I – III masing-masing meraih Rp 1 juta, Rp 750 ribu, dan Rp 500 ribu.

Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan Pariwisata pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Purbalingga, Drs Sri Kuncoro mengatakan, Purbalingga sudah tiga kali menjadi tuan rumah kemah budaya ini. Purbalingga dinilai memiliki kekayaan budaya dan cagar budaya yang baik dibanding dengan kabupaten lain. Tema kegiatan tahun ini ‘Menapak Jejak Kearifan Lokal Masa Lampau’. “Kegiatan kali ini, merupakan kali ketiga yang diselenggarakan Pemprov Jateng di Purbalingga. Kegiatan ini sangat baik untuk mengenalkan tentang cagar budaya bagi anak-anak khususnya siswa SMA/MA/SMK ssederajat,” kata Sri Kuncoro disela-sela kegiatan penutupan, Kamis (29/10/2015) dikutip dari http://www.jatengprov.go.id/.

Titis, Umti, dan Marlina (peserta) menjelaskan, dalam kemah budaya ini, setiap kabupaten/kota mengirimkan 10 orang peserta dan satu pendamping. Tiga diantara perwakilan Purbalingga berasal dari MA Negeri Purbalingga. Selama kemah, para peserta mengikuti berbagai kegiatan seperti melakukan eksplorasi ke situs Ponjen di Kecamatan Karanganyar, dan kunjungan ke museum wayang, museum artefak serta museum uang di kompleks Sanggaluri Park. “Selama melakukan kegiatan eksplorasi ke situs Ponjen, peserta dipandu langsung oleh Kepala Balai Arkeologi Yogyakarta, DR Siswanto. Para peserta merasa senang dan mendapatkan banyak pengalaman sehingga peserta dapat lebih mengenal budaya daerah di Jawa Tengah khususnya Purbalingga.

By: Nurul Khikmah

1 komentar: