Profil Pramuka MAN Purbalingga

Pemantapan Pramuka Penegak Generasi "Pancasila" Tahun 2018


Upacara Pembukaan Kegiatan Pemantapan Generasi Pancasila



Purbalingga_UMBIK-SIMAnews_Gerakan Pramuka Madrasah Aliyah Negeri Purbalingga mengadakan kegiatan Pemantapan Generasi Pancasila pada Minggu, 14 Oktober 2018. Kegiatan ini mengusung tema "Pancasila Sebagai Penerus Praja Indonesia" yang diharapkan setelah kegiatan ini siswa kelas 10 pada khususnya dapat memiliki sikap sesuai nilai-nilai Pancasila.



Tujuan dari kegiatan ini adalah memantapkan Pramuka Penegak MAN Purbalingga serta membina mereka untuk mempunyai sikap dan sifat kreatif, inovatif, dan produktif yang mengarah kepada kemampuan untuk mandiri dalam kehidupan masyarakat. Selain itu juga dilaksanakan penyematan bintang tahunan dan tanda Dewan Kehormatan Penegak kepada Anggota Pramuka MAN Purbalingga yang sudah berjasa mengelola ambalan.



Kak Ahmad Saghli (selaku perwakilan dari Kak Mabigus) yang membuka kegiatan pada upacara pembukaan. Setelah upacara pembukaan, panitia mengecek perlengkapan peserta, dilanjutkan pemberangkatan jelajah. Jelajah terdiri dari 6 pos, dengan Aksi Barisan sebagai pos pertama. Pada pos ini peserta diharapkan dapat melakukan dan menyebutkan larangan dalam baris berbaris. Pos yang kedua adalah Satu Untuk Semua yang mengajarkan indahnya berbagi dan bagaimana kita menerapkan jiwa korsa. Ilmu Pengetahuan sebagai pos tiga, lalu Estafet Monyet menjadi pos  keempat. Dalam pos ini melatih kekompakan kelompok dalam mengalirkan bola dari satu belahan bambu ke belahan bambu yang lain hingga mencapi finish. Pos yang selanjutnya adalah Peka, yang menuntut peserta untuk dapat menebak nama bumbu dapur yang mereka cium danrasakan. Merayap menjadi pos terakhir dan menutup acara jelajah yang mereka lakukan dari pagi hingga siang hari.



Seusai jelajah, peserta pemantapan mencari badge ambalan yang telah disebar disekitar madrasah. setelah semua peserta mendapat badge akhirnya acara penutupan dilaksanakan dan ditutup kembali oleh Kak Ahmad Saghli.



Dengan ini kami mengucapkan selamat kepada Generasi Pancasila yang sudah dimantapkan menjadi Pramuka Penegak dan diharapkan menjadi generasi yang memiliki sikap sesuai dengan nilai - nilai Pancasila. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada kakak-kakak bantara Generasi Evolusi yang telah membantu terlaksananya acara ini, serta kami mengucapkan terima kasih kepada ekstrakurikuler PMR yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Pemantapan Generasi Pancasila 2018.
Terimakasih atas perhatian dan kunjungan anda ke blog kami, mohon maaf jika ada kata kata yang salah.
Sekian. Salam pramuka!!!



UMAR BIN KHOTTOB SITI MASYITOH.
QIYAMAN!!!

Penulis : Tsania Diva Salsabila
               Siska Apriliyani
               Silvia Deva 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar