Profil Pramuka MAN Purbalingga

Kegiatan GEMPAR 2018 di IAIN Purwokerto







Purbalingga_UMBIK_SIMAnews_ Gerakan Pramuka Madrasah Aliyah Negeri Purbalingga telah mengikuti kegiatan Gladi Pramuka Kreatif (GEMPAR) ke-2 tahun 2018, pada tanggal 26-28 Oktober 2018. Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Purwanegara dan Gedung IAIN Purwokerto, yang bertema “Gempar Bertakbir”. Takbir merupakan kepanjangan dari ( Tangkas, Berwibawa dan Berprestasi). Gempar adalah kegiatan  yang diadakan oleh Racana Sunan Kalijaga-Cut Nyak Dien  IAIN Purwokerto dua tahun sekali. Gempar 2018 merupakan Gempar ke-2 setelah Gempar pertama dua tahun lalu. Gempar pertama diikuti oleh 9 kontingen. Dan Gempar ke-2 mengalami peningkatan karena diikuti oleh 20 kontingen. Kegiatan yang dilaksanakan 3 hari 2 malam ini mengadakan 8 giat prestasi, 3 giat wawasan, dan 1 giat wisata. Delapan giat prestasi diantaranya ; Etno Karnival, Pentas Seni, Pionering Bentuk, PBB Variasi, MTQ & Sari Tilawah, K3 Perkemahan, dan Vidio Dokumenter Road to Gempar.




Etno Karnival dilaksanakan pada hari pertama setelah pendirian tenda. Diikuti oleh 16 peserta dengan satu peserta putra & satu peserta putri mengenakan kostum yang terbuat dari barang bekas dan 14 yang lain memakai pakaian pramuka lengkap. Pionerong Bentuk dilaksanakan dihari kedua. Ketentuan dalam giat ini adalah menggunakan 50 tongkat berukuran 160 cm dan bentuk pionering adalah transportasi, robot, dan hewan. PBB Variasi dilaksanakan di hari kedua setelah pionering bentuk. PBB Variasi diikuti oleh 16 peserta. Terdiri dari 15 gerakan PBB dasar dan kreativitas variasi dari para peserta dengan waktu maksimal 10 menit. MTQ & Sari Tilawah dilaksanakan setelah PBB Variasi. Diikuti oleh 2 peserta perwakilan setiap kontingen. Peserta mengambil kertas lintingan yang berisi salah satu surat yang harus dibacakan. Surat tersebut antara lain Al-Baqoroh ayat 1-5, Al Isra’ ayat 23-30 dan Ali Imron ayat 190-194.  K3 Perkemahan (Kebersihan, Kerapihan & Keindahan). Penilaian k3 ini adalah kebersihan daerah kapling tenda, kerapihan kontingen dalam mengikuti peraturan dari para panitia, dan keindahan kapling yang terdiri dari tenda utama, tenda tamu dan tenda dapur. Vidio Dokumentasi Road to Gempar merupakan giat prestasi yang dikerjakan sebelum perlombaan dimulai. Vidio ini berisi tentang persiapan menuju Gempar ke-2  tahun 2018 di IAIN Purwokerto. Giat wawasan terdiri dari sosialisasi jurnalistik, pemadam kebakaran, dan sosialisasi dari BNN ( Badan Narkotika Nasional). Giat wisata merupakan giat yang paling menyenangkan dari giat yang lain. Karena pada giat ini kita melakukan River Tubing di sungai Purwanegara. Meskipun hanya 2 perwakilan dari setiap kontingen tetapi dari cerita mereka kita juga dapat merasakan keseruannya.




Dari beberapa giat prestasi yang dilombakan,Gerakan Pramuka Madrasah Aliyah Negeri Purbalingga berhasil meraih juara III Etno Karnival dan juara harapan I Vidio Dokumenter Road to Gempar. Kegiatan Gempar ke-2 tahun 2018 meninggalkan sejuta kenangan dan pengalaman. Dan kegiatan Gempar ke-2 tahun 2018  ini akan kami jadikan pembelajaran untuk kegiatan pramuka lain yang nanti akan kami hadapi.Terima kasih atas perhatian dan kunjungan anda ke blog kami mohon maaf jika ada kata kata yang salah. Sekian.




UMAR BIN KHOTOB SITI MASYITOH
 QIYAMAN!!!

Penulis: Silvia Deva
           Siska Apriliyani


Tidak ada komentar:

Posting Komentar