Profil Pramuka MAN Purbalingga

Diklat Boardcasting & Jurnalistik Radio Kemitraan MAN Purbalingga

 



Purbalingga_ Sebanyak 114 siswa dan siswi Madrasah Aliyah Negeri Purbalingga mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik dan broadcasting di aula atas minggu lalu. Kegiatan ini merupakan program ekstrakurikuler Radio Kemitraan MAN Purbalingga (RKM) dibawah naungan waka kesiswaan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang jurnalistik dan broadcasting, selasa (18/12/2018).

Dalam sambutanya Waka Kesiswaan Drs. Sokadi menyampaikan sejarah berdirinya RKM dan pentingnya kemampuan jurnalistik untuk mempublikasikan citra positif MAN Purbalingga kepada seluruh masyarakat. Kepiawaian peserta dalam jurnalistik dan broadcasting nantinya akan sangat dibutuhkan dalam menyebarluaskan kegiatan-kegiatan positif yang diselenggarakan oleh Madrasah, jelasnya.

Pada sesi pertama, peserta mendapatkan materi tentang teknik penulisan artikel berita, kriteria berita layak baca, dan bentuk-bentuk berita langsung dari Cahya Utomo reporter/wartawan Radar Banyumas. Dalam menulis berita harus memahami isi dan pokokn berita sesuai rumus 5W+1H (Who, What, When, Where, Why and How) dan struktur piramida terbalik agar menghasilkan berita yang layak baca.

Disesi Akhir, Wartowo dari satelit TV menyampaikan tentang pertelevisian, teknik melaporkan suatu kejadian di suatu tempat, dan siaran langsung/live yang ada di TV. Dalam menulis dan menyiarkan berita harus memperhatikan kode etik wartawan, tambah cahyo.
Sekian dan Terima kasih atas perhatian dan kunjungan anda ke blog kami mohon maaf jika ada kata-kata yang salah.




UMAR BIN KHOTOB SITI MASYITOH
 QIYAMAN!!!

Penulis: Siska Apriliyani
                 Tsania Diva Salsabila

2 komentar:

  1. Toko Pramuka ScoutAddict Kediri menyediakan berbagai macam atribut, perlengkapan dan aksesoris pramuka
    Info pemesanan WA> 081217746083
    Info produk lihat di blog http://scoutaddictindo.blogspot.co.id/

    Kakak-kakak bisa juga belanja di marketplace ScoutAddict
    Tokopedia : https://www.tokopedia.com/scoutaddict
    Bukalapak : https://www.bukalapak.com/u/scoutaddict?from=dropdown

    BalasHapus